apa itu tamyiz

TAMYIZ adalah salah satu metode untuk menterjemah Al Quran yang sangat mudah. Hanya butuh waktu 24 jam, InsyaAllah sudah bisa menguasai cara menterjemah Al Quran. Bahkan anak SD pun bisa.
Metode yg digunakan adalah dengan menggunakan arabic language for special purpose, yaitu bahasa arab yang dijelaskan dengan sangat sederhana dan mudah dipahami.
Menggunakan lagu-lagu untuk menghafal beberapa kaidah dalam bahasa arab.
Tidak perlu berpikir sangat keras untuk memahaminya. Cukup ikuti lagunya, ikuti instruksi gurunya. InsyaAllah bisa.
Saya pernah merasakan bertahun-tahun belajar bahasa Arab, nahwu shorof yang begitu sulit, tak juga mengerti. Hingga akhirnya bertemu metode Tamyiz ini, alhamdulillah apa yg diajarkan guru bahasa arab saya selama ini, baru bisa saya pahami sekarang.
Bahkan, bisa saya gunakan untuk menterjemah Al Quran. Bahkan sedikit demi sedikit saya bisa membaca kitab kuning. Meski hanya bisa membacanya saja, belum bisa menterjemahnya.
Kenapa metode tamyiz mudah dalam menguasai bahasa arab yang juga bahasa al quran?
Karena tamyiz itu ditemukan oleh orang Indonesia, jadi urutan cara mengajarnya sesuai dengan logika berpikir dan cara berbahasa orang indonesia.
Sedangkan kitab-kitab nahwu shorof (tata bahasa /grammar bahasa arab) selama ini adalah terjemahan dari karya ulama2 dari timur tengah yang memang sudah canggih bahasa arabnya.
Kalo tamyiz, urutan belajarnya dimulai dari huruf (harfun) dulu. Baru isim dan fiil. (Apa itu? Nanti akan tahu ya).
Sedangkan kitab2 yang digunakan dalam belajar bhs arab, kebanyakan dimulai dari mengenal isim dan fiil dulu, baru harfun belakangan.

Kalo tamyiz, urutan belajarnya dimulai dari huruf (harfun) dulu. Baru isim dan fiil. (Apa itu? Nanti akan tahu ya).
Sedangkan kitab2 yang digunakan dalam belajar bhs arab, kebanyakan dimulai dari mengenal isim dan fiil dulu, baru harfun belakangan.
Nah, ini baru saya sadari saat saya belajar tamyiz. Saya yang lumayan banyak kosa kata bahasa arab karena pernah kuliah bahasa arab selama 2 tahun, ternyata masih tidak bisa menterjemah Al Quran. Saya begitu kebingungan saat harus menterjemah . Saya tahu artinya secara global, tapi giliran disuruh menterjemah secara detail, saya bingung.
Ternyata, saya tidak bisa memotong kata dalam Al Quran. Karena saya tidak menguasai harfun.
Saat belajar tamyiz sehari, lalu bada maghrib saya terapkan, ternyata langsung bisa..!!
Betapa saya sangat tergetar, merinding, saat baca ayat-ayat Al Quran. Terasa seolah-olah Allah sedang berbicara pada saya…!
MasyaAllah.. itu momen yang tak pernah saya lupakan.  Saya menangis sejadi-jadinya.
Dan sejak saat itu saya sangat bersemangat untuk mengajarkan tamyiz kepada sebanyak mungkin orang.

Berita gembira untuk anda !
 Kami juga membuka pelatihan terjemah quran  via whatshap secara cuma-cuma. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi no wa kami di 089660462113

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAA NASHOBA LIN NAKIROH

ILLA NASHOBA LIL MUSTATSNAM KOLOM 5